Thursday, June 27, 2019

Soal Kredensial Perawat, Dokter dan Bidan Edisi 4 (Sub. Komunikasi Efektif)

Soal Kredensial Perawat, Dokter dan Bidan Edisi 4 (Sub. Komunikasi Efektif)



Halo teman-teman semuanya, berikut ini kami siapkan artikel soal-soal kredensial untuk teman-teman dengan sub soal mengenai komunikasi efektif. Selamat belajar yaa


Soal Kredensial Perawat, Dokter dan Bidan Edisi 4 (Sub. Komunikasi Efektif)

Berikut ini kami sajikan soal beserta jawaban kredensial umum bagi perawat dan bidan dengan sub soal komunikasi efektif yang terdiri dari 5 buah soal.


1. Yang bukan termasuk elemen noise pada model proses komunikasi yang digambarkan Schermerhorn, Hunt & Osborn (1994) adalah…..

a. Physical distraction
b. Semantic problems
c. Intended meaning
d. Cultural differences

Jawaban : C. Intended meaning



2. Secara material, suatu tindakan medik sifatnya tidak bertentangan dengan hukum apabila memenuhi syarat sebagai berikut, kecuali...

a. Mempunyai indikasi medis
b. Merupakan keadaan gawat darurat
c. Dilakukan menurut aturan ilmu kedokteran yang berlaku
d. Sudah mendapat persetujuan pasien

Jawaban: B. Merupakan keadaan gawat darurat



3. Efektif atau tidaknya komunikasi yang berlangsung akan menentukan sikap pasien dalam hal berikut, kecuali..

a. Menerima diagnosis yang ditetapkan dokter
b. Melakukan perawatan diri dan memerhatikan atau mematuhi anjuran/nasihat dokter.
c. Menunggu tindakan medis dari dokter
d. Mempengaruhi kelangsungan terapi, apakah akan berlanjut atau terjadi pemutusan hubungan secara sepihak.

Jawaban : C. Menunggu tindakan medis dari dokter



4. Contoh sikap seorang dokter ketika menerima pasien dalam pengaplikasian komunikasi efektif dokter-pasien adalah...

a. Memperhatikan keluhan yang disampaikan dengan melakukan interupsi pada saat yang perlu saja.
b. Apabila pasien marah, menangis, takut, dan sebagainya maka dokter akan menunjukkan sikap bahwa dia memahami perasaan pasien.
c. Melakukan negosiasi atas segala sesuatu berdasarkan kepentingan kedua belah pihak.
d. Mengarahkan pasien dalam memilih rencana tindakan medis selanjutnya atau pengambilan keputusan.

Jawaban : C. Melakukan negosiasi atas segala sesuatu berdasarkan kepentingan kedua belah pihak.



5. Dalam dunia kedokteran, model proses komunikasi pada sesi penggalian informasi telah dikembangkan oleh....

a. Van Thiel
b. Van Dalen
c. Macleod
d. Kurtz

Jawaban : B Van Dalen


Demikianlah artikel dari kami ini yang berjudul Soal Kredensial Perawat, Dokter dan Bidan Edisi 4 (Sub. Komunikasi Efektif). Semoga apa yang telah kami sajikan dan berikan diatas tersebut dapat berguna dan bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa lagi yaa.

Artikel Terkait

1 comments so far

mantaps, lumayan juga untuk saya latihan soal-soal kredensial nya. terimakasih min, sangat bermanfaat sekali


EmoticonEmoticon